Eksperimen Sains : Bunga Ajaib

6 Jun 2012

Pada tumbuhan terdapat suatu saluran yang berfungsi untuk menyerap air serta zat hara, lalu membawanya hingga ke bagian daun atau bunga. Dalam eksperimen ini kita akan melihat hal menarik mengenai adanya pembuluh pada tumbuhan. Seperti apa sih itu ? Langsung saja dicoba eksperimennya.

Bahan :
1. Bunga mawar putih
2. Gelas kecil (2 buah)
3. Pewarna makanan berwarna merah
4. Air
5. Sendok
6. Selotip
7. Cutter

Cara :
1. Isi kedua gelas dengan air sampai setengah penuh.
2. Tuangkan 1/2 sendok teh pewarna makanan ke dalam salah satu gelas tadi, lalu aduk hingga pewarna makanan larut seleruhnya.
3. Potong tangkai bunga mawar hingga tersisa 15 cm.
4. Lilitkan selotip pada bagian tengah tangkai bunga mawar yang telah dipotong tadi.
5. Belah tangkai bunga mawar dengan cutter, dari bagian bawah tangkai sampai batas lilitan selotip.
6. Letakkan kedua gelas tersebut saling berdekatan, kemudian celupkan kedua belahan tangkai bunga mawar, masing-masing ke dalam gelas yang berbeda.
7. Tunggu sampai beberapa jam, kira-kira 1,5 - 2 jam.

Yang terjadi :
Ternyata terjadi perubahan warna yang unik kelopak bunga mawar putih. Pada sisi kelopak bunga yang tangkainya terendam cairan berwarna merah, akan berubah warna menjadi merah muda, sedangkan sisi yang lain tetap.

Penjelasan :
Air dapat naik hingga mencapai kelopak bunga disebabkan karena adanya daya kapilaritas dari air. Pembuluh pada tangkai mawar berlaku seperti sumbu pada kompor dan lampu teplok. Api dari kompor dan lampu teplok bisa terus menyala disebabkan karena minyak atau bahan bakarnya bisa merambat naik melalui sumbunya, sehingga pembakaran bisa terus terjadi.

Di samping faktor daya kapilaritas air, masuknya air ke dalam tangkai bunga juga disebabkan karena faktor osmosis. Kandungan air di dalam tangkai bunga lebih sedikit dibandingkan kandungan air di dalam gelas. Akibatnya, air akan bergerak dari daerah yang kandungan airnya banyak menuju daerah yang kandungan airnya sedikit.

Sumber : Komik Sain Kuark


TAGS Eksperimen daya kapilaritas pada tumbuhan Eksperimen osmosis pada tumbuhan


-

Author

Follow Me