Prinsip Pemuaian pada Kehidupan Sehari-Hari

11 Jun 2013

A. Kabel Listrik pada Tiang Listrik

Kabel listrik yang kendor

Kabel listrik yang kendor


Pasti kamu pernah melihat kabel listrik yang kendor pada siang hari. Pada saat pemasangan kabel pada tiang, kabel harus pada keadaan kendor. Ini dimaksudkan agar pada malam hari, kabel tidak putus karena penyusutan. Jika kabel dipasang tidak kendor, maka pada malam harinya kabel akan sangat kuat dan bisa putus.

B. Termometer

Termometer didalamnya terdapat zat cair (alkohol atau raksa) yang mudah memuai jika terkena suhu yang tinggi dan menyusut jika suhu rendah. Termometer biasanya digunakan untuk mengukur suhu tubuh dan suhu ruangan.

C. Keping Bimetal

Keping bimetal

Keping bimetal


Mungkin kamu sedikit asing dengan kata ini. Keping bimetal adalah dua keping logam yang mempunyai koefisien muai panjang berbeda dikeling menjadi satu. Keping bimetal peka terhadap perubahan suhu. Jika keping bimetal dipanaskan, maka akan melengkung ke arah logam yang koefisien muai panjangnya kecil. Bila didinginkan, keping bimetal akan melengkung ke arah logam yang koefisien muai panjangnya besar. Keping bimetal digunakan pada setrika listrik, bel listrik, alarm kebakaran, lampu sen mobil atau motor, rice cooker, oven, pemanas air listrik, kompor listrik, dan termometer bimetal.

D. Pengelingan

Pengelingan adalah menyambung dua pelat logam dengan menggunakan paku keling. Paku keling yang dipakai untuk mengeling dipanaskan hingga berpijar dan dimasukkan ke dalam lubang pelat yang hendak kita keling. Kemudian ujung paku dipukul-pukul sampai rata/melebar. Setelah dingin paku keling tersebut akan menyusut dan menekan kuat pelat tersebut. Pengelingan digunakan pada pembuatan badan kapal laut.

E. Pemasangan Ban Baja pada Roda Kereta Api

Pemasangan ban baja pada roda kereta dengan cara memanaskan ban baja hingga memuai, kemudian dipasangkan pada ban baja. Setelah dingin, ban baja akan menyusut kembali sehingga menekan kuat roda kereta.

F. Pemasangan Kaca Jendela pada Bingkainya

Bingkai kaca jendela dibuat harus lebih besar dari kaca jendelanya. Ini dimaksudkan agar ada tempat pemuaian kaca pada siang hari. Jika kaca jendala dipasang rapat pada bingkainya, maka pada saat memuai, kaca dapat retak atau bahkan pecah.

G. Sambungan Rel Kereta Api

Apakah kamu pernah melihat sambungan rel kereta api ? Sambungan rel kereta api dibuat tidak rapat (ada celah). Celah ini adalah tempat pemuaian rel. Jika sambungan rel dibuat rapat, maka pada saat memuai akan terjadi pembengkokan rel atau bahkan patah.

H. Sambungan Jembatan dan Jalan Layang

Celah pada sambungan jembatan

Celah pada sambungan jembatan

Jalan layang dan jembatan harus dibuat celah untuk pemuaian pada siang hari yang panas. Apa yang akan terjadi jika jembatan tidak dibuat celah ? Akibatnya sangat fatal, yaitu dapat menyebabkan runtuhnya jembatan.

Sumber : http://mafia.mafiaol.com/2012/08/penerapan-prinsip-pemuaian.html

http://www.artikelbagus.com/2011/08/penerapan-pemuaian-dalam-kehidupan-sehari-hari.html


TAGS Prinsip pemuaian pada kehidupan sehari-hari Pemuaian Pemuaian pada kabel listrik termometer Pemasangan ban baja pada roda kereta api Pengertian keping bimetal Pengertian pengelingan Pemasangan kaca jendela pada bingkainya Pemuaian pada rel kereta api Pemuaian pada jembatan Pemuaian pada jalan layang


-

Author

Follow Me