Macam-Macam Browser (Kelebihan dan Kekurangan)

1 Jan 2015

Happy New Year ! Di hari pertama dalam tahun baru ini, saya akan menshare mengenai macam-macam browser beserta kelebihan dan kelemahannya.

1. Google Chrome

Screenshot Google Chrome

Screenshot Google Chrome

Google Chrome merupakan browser buatan Google. Pada interfacenya terlihat bahwa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini artinya google chrome memiliki tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan. Chrome juga memiliki modus penyamaran. Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak.

Fungsi pencarian yang dimiliki oleh chrome sangat baik sekali. Contohnya chrome dapat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian disuatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian. Fungsi yang lain masih merupakan keunggulan chrome adalah kemampuan menebalkan nama domain sebuah website yang dianggap berbahaya. Contohnya pada sebuah website penipuan beralamatkan e-bank. Klik BCA beralamatkan d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bahwa itu bukan situs resmi klik BCA. Desain chrome tergolong simpel dan minimalis, mudah di update. Selain itu chrome juga tergolong ringan dan gesit, serta memiliki keamanan yang kuat. Saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker.

Kelebihan :

  • Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab.
  • Desainnya simpel dan minimalis.
  • Updatenya mudah.
  • Sistem keamanan kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker.
  • Google menanamkan opsi Make Aplication Shortcut. Dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti Gmail atau Google Teader dapat dijalankan lewat shortcut pada dekstop atau star menu. Sehingga seperti aplikasi lokal.
  • Pada setiap tab yang dibuka di chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika error/crash pada salah satu tidak akan menyebabkan seluruh browser error. (Ini yang menjadi kekurangan yang terdapat pada Firefox dan browser lainnya).

Kekurangan :

  • Statis, fiturnya kurang banyak.
  • Instalnya harus online, crome tidak menyediakan file masterya, jadi kalau mau menginstal hanya diberi file lauchernya saja.
  • Untuk kecepatannya masih bisa dibilang kurang stabil, karena saat mencoba membandingkannya dengan Firefox, terlihat jauh lebih lama dalam proses loading.
  • Bisa dibilang browser yang dalam masa pertumbuhan, tampilan yang ditayangkan oleh Chrome kurang menarik, dan bisa dibilang hampir sama dengan tampilan aplikasi Opera.

    2. Comodo Dragon

    Screenshot Comodo Dragon

    Screenshot Comodo Dragon

    Comodo Dragon merupakan salah satu chrome based browser yang benar-benar berfokus pada keamanan dan privasi anda saat browsing di internet. Fitur Comodo Dragon antara lain meningkatkan keamanan privasi Anda, identifikasi sertifikat SSL, stabilitas yang lebih tinggi, dan incognito mode stops cookies.

    Dengan fitur keamanan yang super tinggi ini, tentu saja mengurangi kecepatan browsing Anda karena sebelum website ditampilkan di halamn browser, website tersebut terlebih dahulu melalui beberapa pengecekan untuk memastikan keamanannya. Comodo akan melakukan validasi SSI, menghetikan cookies dan spy, serta mencegah didownloadnya tracking dari browser Anda oleh web-web yang Anda kunjungi.

    Kelemahan Comodo Dragon adalah versi chrome basednya yang masih tertinggal jauh dari versi chrome saat ini.


    3. Netscape

    Screenshot Netscape

    Screenshot Netscape

    Netscape merupakan salah satu program browser yang digunakan untuk menjelajah dunia internet. Versi pertama dari netscape dibuat pertama kali dengan nama Mosaic oleh National Center Of Supercomputing Aplication di Urbana Champaign. Netscape Navigator dapat digunakan untuk mengunjungi world wide web page dan juga dapat membuat serta melihat dokumen HTML yang ada bahkan dapat melihat bentuk asli dari dokumen HTML.

    Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam flatform windows 16-bit (Win 16), windows 32-bit (Win 32), UNIX, serta Macintosh.

    Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic web browser dari National Center Supercomputing Aplications (NCSA), karena memang pembuatan NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.

    Kelebihan :

    • Stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload, dan download.
    • Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozila Firefox.

    Kekurangan :

    • Tampilan GUI (Grapical User Interface) kurang bagus atau kasar.

      4. Flock

      Screenshot Flock

      Screenshot Flock

      Flock adalah web browser yang dibangun dengan kode Mozila Firefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan web 2.0. Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan menggunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati konten maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.

      Kelebihan :

      • Untuk kelebihan mungkin tidak berbeda jauh dengan flock terdahulu, mungkin karena sudah menggunakan chrome (google) sebagai engine basednya maka kecepatan menjelajahnya semikin cepat.
      • Lebih simpel dan minimalis.

      Kekurangan :

      • Belum terintegrasi dengan IDM.
      • Instalisasinya harus online.

        5. Sea Monkey

        Screenshot Sea Monkey

        Screenshot Sea Monkey

        Sea Monkey atau lengkapnya Mozilla Sea Monkey adalah suatu internet suite, yang merupakan gabungan web browser untuk menjelajah internet, e-mail client untuk menerima dan mengirim e-mail, news client untuk menerima berita, dan HTML editor untuk menyunting halaman-halaman website yang menggunakan HTML (Hyper Text Mark-Up Language).

        Dahulunya perangkat lunak ini bernama Mozilla Application Suite, yang merupakan pengembangan dar Netscape Navigator buatan Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar). Sea Monkey merupakan perangkat lunak yang bersifat free software, open source, dan cross platform. Dikembangkan secara bersama oleh suatu komunitas yang dipimpin oleh Sea Monkey Council (Dewan Sea Monkey).

        Kelebihan :

        • Bisa berguna untuk email dan browser sekaligus.
        • Penterjemahan website-website yang berbahasa asing (China, Jepang, Korea, Spanyol, dll) ke Bahasa Inggris yang lebih mudah dimengerti.
        • Dapat memfilter email spam ataupun virus.

        Kelemahan :

        • Ada beberapa jenis web yang tidak mau dan tidak bisa dibuka oleh browser ini.

          6. Maxthon

          Screenshot Maxthon

          Screenshot Maxthon

          Maxthon awalnya dikenal sebagai MyIE2, adalah sebuah browser web gratis untuk Microsoft Windows. Rilis terbaru, Maxthon 3, mendukung baik Trident dan Webkit mesin render. Maxthon memenangkan CNET WebWare 100 Awards pada tahun 2008 dan 2009, dan ke-97 dalam daftar PCWorld tentang 100 produk terbaik 2011 menurut CEO Internasional Maxthon Ming Jie Jeff Chen, Maxthon.

          Maxthon adalah salah satu dari dua belas browser Microsoft yang disajikan pada tahun 2010 di Browser Choice.eu, sebuah website yang memungkinkan pengguna dari Microsoft Windows yang berada di wilayah Ekonomi Eropa untuk memilih browser default web yang mereka ingin untuk digunakan pada komputer mereka.

          Kelebihan :

          • Mempunyai screen capture, untuk membuat screenshot pada web.
          • Pada sidebar sebelah kiri ada sidebar khusus untuk pengguna Facebook. Dengan sidebar tersebut kita dapat melihat status teman kita.
          • Ringan tidak banyak makan resource.

          Kekurangan :

          • Interfacenya tidak enak dilihat, terasa jadul.
          • Manajemen tabnya agak aneh.

            7. Mozilla Firefox

            Screenshot Mozilla Firefox

            Screenshot Mozilla Firefox

            Mozilla Firefox bernama Pheonix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird adalah penjelajah web antar platform gratis yang dikembangkan oleh yayasan Mozzila dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0.-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Fordes dan Wall Street Journal dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004. Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (Open Source) yang paling banyak digunakan diantara pengguna rumahan.

            Membuka situs-situs multimedia seperti Youtube dan Metacafe memang lebih cocok memakai Firefox. Download managernya juga lebih baik karena masih bekerja ketika browser ditutup.

            Kelebihan :

            • Banyak fitur tambahan (add-ons), ibarat kepingan puzzle, add-ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
            • Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia.
            • Updatenya mudah.
            • Sistem keamanan kuat.

            Kekurangan :

            • Tidak memiliki pertahanan yang cukup bagus terhadap serangan popup. Bila kita membuka website dengan banyak popup, bisa mengganggu kenyamanan browsing.
            • Loading lama saat mulai start, terutama jika banyak add-ons yang terinstall.
            • Seperti browser lain, pada umumnya tidak memiliki pertahanan yang baik untuk menangani malware. Malware adalah sejenis virus yang menginfeksi komputer yang biasanya mencuri data-data komputer yang diinfeksi.
            • Sering crash terhadap aplikasi-aplikasi lain di komputer, sehingga komputer tidak dapat digunakan karena hang.
            • Memakan memori yang sangat besar. Apalagi kalau membuka banyak tab atau windows sekaligus.

              8. Safari

              Screenshot Safari

              Screenshot Safari

              Safari dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, Ipod, dan juga Iphone. Dibangun dengan browser engine webkit. Webkit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3.

              Kelebihan :

              • Tampilannya cantik (ciri khas produk Apple).
              • Ada fasilitas untuk memperkecil bandwith.
              • Lebih cepat dari Opera (bukan turbo).

              Kekurangan :

              • Sering macet (app crash) pada versi windowsnya.
              • Plugin / Add-ons lebih sedikit daripada Mozilla atau Opera.

                9. Opera

                Screenshot Opera

                Screenshot Opera

                Opera dikembangkan oleh Software Company adalah salah satu web browser dan juga internet suite. Jika Firefox punya add-ons, Opera punya Opera Widgets. Sebuah aplikasi web kecil yang dilankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons Firefox.

                Kelebihan :

                • Ringan.
                • Memiliki email client dan RSS sendiri, jadi tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya.
                • Pemanggilan kembali cache cepat.
                • Diklaim sebagai browser tercepar di dunia (pada versi turbo).
                • Fitur keamanan situsnya lebih lengkap untuk menangkal virus dari internet yang merusak dan mencuri data dari komputer Anda.

                Kekurangan :

                • Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs.
                • Untuk mengupdatenya harus mendownload kembali file masternya.
                • Sering error jika digunakan untuk menyimpan halaman.
                • Tidak bisa meneriman format tertentu seperti XML dan ada beberapa situs developer game yang tidak bisa dibuka.

                  10. K-Meleon

                  Screenshot K-Meleon

                  Screenshot K-Meleon

                  K-Meleon merupakan salah satu browser gratis yang open source, dimana para pengembangnya bisa dating dari seluruh dunia. Browser ini boleh dikatakan sebagai salah satu browser yang bagus, karena sifatnya yang open source sehingga memungkinkan para penggunanya untuk memodifikasi atau mengcostumize browser tersebut sehingga sesuai dengan keinginannya.

                  Kelebihan :

                  • Lebih simpel.
                  • Tanpa bermacam-macam plugin maupun add-ons yang membuat kerja browser lebih ringan dan cepat tentunya. Tidak memakan resource yang banyak dan fitur-fiturnya juga cukup bagus.

                  Kekurangan :

                  • Kurang cocok untuk membuka Facebook, akan aada peringatan bahwa versi browser yang digunakan vesi lama (padahal yang dipakai adalah K-Meleon terbaru).
                  • Agak repot untuk menambahkan plugin / add-ons jika dibandingkan dengan Firefox, walaupun sudah ada beberapa plugin yang terpasang secara default.
                  • Untuk menambah / menutup tab perlu beberapa kali klik mouse, walaupun masih bisa juga dengan shortcut keyboard.

                    11. Internet Explorer

                    Screenshot Internet Explorer

                    Screenshot Internet Explorer

                    Windows Internet Explorer sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows tahun 1995. Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93,7 % dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web Web Side Story.

                    Kelebihan :

                    • Menyediakan Add-ons, walaupun tidak sebanyak Firefox.
                    • Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik.
                    • Bagi pengguna Windows Live maka akan dimanjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live.

                    Kekurangan :

                    • Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS).
                    • Berat saat awal start dan saat membuka tab baru.
                    • Internet Explorer 8 mudah dijebol dengan hacker.
                    • Internet Explorer 8 mengambil 380 MB space memori computer dengan 2 GB memori di OS Vista.
                    • Beberapa situs web mungkin tidak ditampilkan secara benar dan tidak berfungsi dengan baik padahal pada versi sebelumnya hal ini tidak terjadi.

                      12. RockMelt

                      Screenshot RockMelt

                      Screenshot RockMelt

                      RockMelt dibuat oleh Tim Howes dan Eric Vishria sebagai browser berbasis media sosial (Facebook). Browser ini dibuat untuk sosial network khususnya Facebook dan Twitter. Tak hanya itu, browser ini menggunakan engine yang sama dengan browser Google Chrome.

                      Kelebihan :

                      • Tetap terkoneksi ke Facebook walaupun buka situs lain.
                      • Ada fasilitas Quiet Mode untuk menghentikan semua pemberitahuan Facebook
                      • Omnibox search untuk mencari teman Facebook langsung dari Address Bar

                      Kekurangan :

                      • Memakan bandwith yang besar karena on Facebook.
                      • Tampilannya yang kurang menarik (bisa diatasi dengan theme dari Chrome Web Store).
                      • Belum ada Installer versi Offline-nya.

                        13. TheWorld

                        Screenshot TheWorld

                        Screenshot TheWorld

                        TheWorld adalah chrome based browser yang dibuat dengan menitik beratkan pada kecepatan browsing. TheWorld memiliki fitur antara lain anti-crash dan anti-freezing, resource usage control, private browsing, serta tingkat kecepatan browsing yang tinggi.

                        Secara penggunaan resource, TheWorld memang membutuhkan resource CPU dan memori yang lebih kecil daripada browser standard lainnya. Teknologi anti-freezingnya membuat tab TheWorld tidak terpengaruh oleh tab lain yang sedang freezing.

                        Jika anda mengaktifkan fitur InPrivate Browsing, maka TheWorld tidak akan menyimpan cache, history dll. Temporary files dan web forms akan secara otomatis dibersihkan ketika anda menutup window TheWorld browser.

                        Jika dilihat dari tampilannya, TheWorld lebih mirip Firefox daripada Google chrome. Bahkan fitur Downloader internalnya memang dibuat mirip seperti Firefox dengan optimasi kecepatan multi download yang lebih baik daripada milik Google Chrome yang asli.

                        Kelemahan TheWorld terletak di skin dan warna tampilannya yang monoton. Tidak seperti Google Chrome yang kaya tema dan skin, TheWorld hanya memiliki beberapa pilihan warna dan 2 pilihan skin saja.

                        14. Lunascape

                        Screenshot Lunascape

                        Screenshot Lunascape

                        Lunascape adalahperamban alternatifyang canggih dan Lunascape adalah satu-satunya browser yangmenggunakan 3 mesin renderdalam satu perangkat lunak. Lunascape menggunakan 3 mesinrenderyaitu Webkit (Chrome, Safari), Gecko (Firefox) dan Trident (IE) sekaligus untuk meningkatkan kompatibilitas peramban. Masing-masing peramban memiliki mesin render sendiri. Mesin render ini berfungsi untuk melakukan merubah kode-kode penyusun web dan mengubahnya menjadi sebuah tampilanwebyang indah.

                        Lunascape ditemukan oleh Hidekazu Kondo yang juga merupakan CEO dan pendirinya. Lunascape merupakan browser pertama di dunia yang menggabungkan tiga buah engine internet dalam satu aplikasi.Peramban 3 mesin ini juga mendukungadd-onsFirefox dan Internet Explorer selainplug-inmilik Lunascape sendiri.Lunascape telah menggabungkan kelebihan dari berbagai peramban, sehingga dapat menampilkanwebpaling sempurna dengan kecepatan tinggi.

                        Selain itu, penggunaan 3 mesin ini juga dapat membantu pengembangwebuntuk menguji tampilanwebtanpa harus menginstal banyaksoftwareperamban.Lunascape juga cukup pintar dalam menentukan mesin yang mana yang paling optimal digunakan untuk menampilkan situs web tertentu.

                        Kelebihan :

                        • Menggunakan 3 mesin renderdalam satu perangkat lunak yaitu Webkit, Gecko dan Trident.
                        • Dapat menampilkanwebpaling sempurna dengan kecepatan tinggi.
                        • Jika menemukan sebuah halaman yangtidak dapat dibuka dengan baik anda hanya perlumenukarenginenya saja.
                        • Tetap stabil walaupunmembuka banyak tab.
                        • Mudah digunakan atau dioperasikan.
                        • Tersedia dalam 11 bahasa.
                        • Setiap tab dapat menggunakan engine rendering yang berbeda.

                        Kekurangan :

                        • Memiliki beberapa masalah dengan add-ons (domain yang diarahkan ke sub-direktori sebuah website).

                          15. Konqueror

                          Screenshot Conqueror

                          Screenshot Konqueror

                          Konqueror adalah web browser, file manager, dll. Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengeksplor file-file di komputer sendiri maupun secara remote ke komputer lain. Untuk menginstalnya, harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika Anda pengguna windows telebih dahulu install KDE.

                          Kelebihan :

                          • Selain sebagai web browser, adalah kemampuannya melakukan manajemen file lokal, serta file viewer. Dengan teknologi KPart object model, browser ini mampu mengeksekusi, bahkan mengedit file-file yang spesifik seperti dokumen atau file berformat pdf. KPart juga dapat digunakan untuk menanamkan konten multimedia pada halaman HTML.

                          Kekurangan :

                          • Untuk menginstalnya, harus install KDE terlebih dahulu. Namun, Konqueror tetap terbatas pada Windows.
                          • Tidak dapat merender dengan baik semua halaman web, terutama spesifik pada web browser lain.

                            16. Camino

                            Screenshot Camino

                            Screenshot Camin

                            Camino adalah open source web browser yang dikembangkan berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful. Camino hanya dapat diinstall dalam Sistem Operasi Mac.

                            Kelebihan :

                            • Tersedia block flash terintegrasi, jadi bisa hemat bandwidth.
                            • Koneksinya cepat dan tidak lambat.

                            Kekurangan :

                            • Diproduksi hanya untuk Mac.

                              17. Avant

                              Screenshot Avant

                              Screenshot Avant

                              Avant Browser adalah browser yang cukup populer dan gratis dari programmer asal China yang bernama Anderson Che. Browser ini menyatukan layout (engine) Trident yang dibuat untuk Windows membuatnya kaya akan feature-feature, fleksibel dan ergonomik dibanding dengan Microsoft Internet Explorer (IE). Browser ini dapat berjalan pada Windows 98 keatas termasuk Vista.

                              Kelebihan :

                              • Dapat menyimpan Profile secara online.
                              • Memfilter animasi flash.
                              • Built-in AD/Pop-up Blocker.
                              • Built-in RSS/ATOM Reader.
                              • Real Full Screen Mode dan Alternative Full Desktop mode: Ketika kamu membuka halaman web dengan Avant Browser Full Screen Mode, semua yang kamu lihat hanyalah webspace, tanpa toolbars atau menu lain.

                              Kekurangan :

                              • Penggunaan IE plug-in dapat menyebabkan program fatal error.
                              • Speed biasa-biasa saja.
                              • Fitur keamanan belum memadai.

                              Sekian bahasan mengenai macam-macam browser beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat :)

                              Sumber :


                              TAGS Macam-macam browser Jenis-jenis browser Macam-macam browser beserta kelebihan dan kekurangannya Jenis-jenis browser beserta kelebihan dan kekurangannya Kelebihan dan kekurangan Mozilla Firefox Kelebihan dan kekurangan Internet Explorer Kelebihan dan kekurangan Google Chrome Kelebihan dan kekurangan Opera Kelebihan dan kekurangan Safari Kelebihan dan kekurangan Sea Monkey Kelebihan dan kekurangan Flock Kelebihan dan kekuranan Comodo Dragon Kelebihan dan kekurangan Netscape Kelebihan dan kekurangan Maxthon Kelebihan dan kekurangan K-Meleon Kelebihan dan kekurangan RockMelt Kelebihan dan kekurangan TheWorld Kelebihan dan kekurangan Lunascape Kelebihan dan kekurangan Konqueror Kelebihan dan kekurangan Camino Kelebihan dan kekurangan Avant


                              -

                              Author

                              Follow Me